RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Daring


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 

Sekolah                         : SMP Negeri 1 Banjaran

Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             : VII/Ganjil

Materi Pokok                : Teks Deskripsi

Alokasi Waktu              : 120 Meni

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak pemaparan materi dalam situs atau vide yang dikirim oleh guru melalui grup Whatsapp/Telegram peserta didik dapat:

  • Memahami tentang pengertian teks deskripsi.
  • Menentukan ciri umum tek deskripsi melalui isi dan tujuan teks yang dibaca atau didengar.
  • Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca atau didengar.
  • Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca atau didengar

2. Model Pembelajaran dan Sumber Belajar

  • Studysaster adalah suatu model pembelajaran dengan mengintegrasikan pendidikan kebencanaan dalam kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan minat siswa belajar tentang kondisi dan situasi kebencanaan.
  • Sumber Belajar: Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016

3. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru melakukan pembukaan dengan melakukan salam pembuka, dan berdoa bersama dengan peserta didik untuk memulai pembelajaran dilakukan melalui gru Whatsapp, dan peserta didik mengisi daftar hadir Online (Google Form) yang dikirim melalu grup Whatsapp.

  • Mengingatkan dan mengaitkan materi/kegiatan/tema pembelajaran yang dilakukan dari berbagai pengalaman peserta didik dengan materi/kegiatan/tema pembelajaran sebelumnya, kemudian melakukan pengajuan pertanyaan dari peserta didik untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
  • Guru menyampaikan motivasi belajar mengenai manfaat dan tujuan dari materi pembelajaran Pengertian Teks Deskripsi melalui Whatsapp/Telegram.
  • Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari, kompetensi yang dicapai, serta metode belajar yang digunakan melalui Whatsapp/Telegram

 

Kegiatan Inti (90 Menit)

  • Kegiatan Literasi: Melalui Whatsapp/Telegram peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskan kembali. Peserta didik diberikan materi atau tayangan dan bahan bacaan mengenai materi Teks Deskripsi.
  • Critical Thinking: Melalui Wahtsapp/Telegram Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik sebanyak munkin materi yang belum dipahami, diawali dengan pertanyaan faktual hingga pertanyaan hipotetik. Catatan pertanyaan ini masih mempunyai hubungan dengan teks deskripsi
  • Collaboration: Peserta didik bisa berdiskusi dengan orang tua, mempersentasikan ulang, mengumpulkan informasi, dan saling bertukar ide atau gagasan serta informasi mengenai Pengertian Teks Deskripsi.
  • Communication: Melalui Wahtsapp/Telegram Peserta didik mampu mempresentasikan hasil kerja secara klasikal, mengemukakan pendapatnya dari presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi oleh individu atau kelompok yang mempresentasikan.
  • Creativity: Melalui Wahtsapp/Telegram Guru dan peserta didik bisa membuat kesimpulan tentang hal yang telah dipelajari mengenai Pengertian Teks Deskripsi. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami sebelumnya.

Kegiatan Penutup (15 Menit)

  • Peserta didik membuat simpulan/rangkuman tentang pelajaran tentang point penting dalam kegiatan pembelajaran
  • Guru membuat simpulan/rangkuman tentan pelajaran tentang point penting dalam kegiatan pembelajaran.

 Penilaian Hasil Pembelajaran

  • Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis, pilihan ganda, uraian, tes lisan, obeservasi terhadap diskusi tanya jawab serta penugasan secara dari (Menggunakan soal daring)
  • Penilaian Keterampilanberupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian portofolio dan produk.

 

Bandung Juli 2020

 

Mengetahui

Kepala Sekolah.......                                                                                                Guru Mata Pelajaran





.................................                                                                                              ....................................

 


Post a Comment

0 Comments