Mengenal Belajar Daring dan Luring

Mengenal Belajar Daring dan Luring

Indonesia memasuki masa new normal, warga Indonesia bisa menjalani dan melaksanakan kegiatan sehari-hari seperti biasanya. Namun, harus tetap waspada demi menjaga kesehatan dan keselamatan banyak orang termasuk mahasiswa, dan siswa, beberapa universitas dan sekolah mulai menerapkan pembelajaran sistem online atau virtual tanpa tatap muka secara langsung. 

Sistem pembelajaran ini biasa disebut dengan pembelajaran daring. Jika kita melihat dari Kamu Besar Bahasa Indonesia atau KBBI Kemendikbud, daring merupakan akronim dari kata dalam jaringan, yang mempunyai akses jaringan atau internet. Dari berbagai sumber, dosen, guru, mahasiswa, dan siswa sekarang melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring, termasuk tugas-tugas yang diberikan. Istilah lain yang digunakan dalam pembelajaran daring menggunakan metode berbasis internet, interaktif atau Learning Management System (LMS) seperti menggunakan aplikasi Google Meet, Zoom, dan sebagainya. 

Namun, berbeda dengan daring, pembelajaran dengan sistem luring adalah pembelajaran yang melaksanakan tatap muka. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI Kemendikbud, luring akronim dari luar jaringan, atau tidak membutuhkan akses internet dan jejaring komputer, contohnya mahasiswa dan siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar melalui media belajar buku dibantu tenaga pengajar. 

Cara Melaksanakan Daring di Rumah Melaksanakan pembelajaran daring mempunyai masalah teknis tersendiri, dan berbeda dengan pembelajaran luring. Anda harus mempunyai hal pendukung untuk melaksanakan pembelajaran dengan akses internet. 

Namun, pembelajaran daring juga bisa dilaksanakan dengan cara efektif. Berikut cara mahasiswa dan siswa agar bisa melaksanakan pembelajaran daring yang efektif. 
  • Melakukan komunikasi antara pengajar dan mahasiswa atau siswa harus dipastikan berjalan dengan baik dan lancar saat melaksanakan video call. 
  • Menghidupkan suasana diskusi yang aktif antara tenaga pendidik atau teman-teman mahasiswa dan siswa. 
  • Melaksanakan dan mengatur waktu untuk para mahasiswa dan siswa adalah hal yang sangat penting. 
  • Walaupun melaksanakan pembelajaran daring di rumah, Anda bisa memastikan dan membuat catatan tugas apa saja yang harus dikerjakan, dan tugas apa yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. 
  • Dalam pembelajaran daring tetap mengutamakan komunikasi yang baik dan bersosialisasi dengan orang lain, termasuk keluarga di rumah, dan antara teman satu dengan teman yang lain sekelas saat sesi video call yang bertujuan mengasah kemampuan bersosialisasi.

Post a Comment

0 Comments