Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Menentukan Ciri Struktur dan Tujuan Teks Deskripsi

Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Menentukan Ciri Struktur dan Tujuan Teks Deskripsi


Pernahkah kamu membaca atau mendengar teks deskripsi? Pasti kamu pernah melihat acara televisi yang sangat menyenangkan apalagi tentang keindahan alam Indonesia atau pariwisata dengan menggunakan pemaparan yang menarik. Itu merupakan contoh teks deskripsi, dan dapat kalian temukan juga di buku yang berisi informasi perjalanan, dalam cerpen atau film, majalah perjalanan, dan program televisi tentang jalan-jalan.

Contoh.

Teks 1

Parangtritis nan Indah

Pantai Parangtritis merupakan salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta. Lokasi Pantai Parangtritis berada tepat di kecamatan Kretek Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Jika kita melihat ke sebebelah kiri akan terlihat pemandangan yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa memandang batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga dari gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bercampur abu-abu dengan kombinasi hijau sungguh elok.

Keindahan pantai serasa sempurna pada sore hari. Pada sore hari, kita bisa melihat keindahan matahari  saat terbenam yang merupakan saat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Pancaran indah warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat bercampur dengan kelembutan hembusan angin di sore hari, melingkupi seluruh tubuh. Seakan terpaku kita menyaksikan secara perlahan matahari, seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.

Setelah kita membaca contoh teks deskripsi di atas kita bisa simpulakan pengertian, ciri-ciri, struktur, dan tujuan teks deskripsi

1. Pengertian

Teks deskripsi adalah teks yang gagasan utamanya atau kalimat utamanya dikembangkan dengan dengan cara dilukiskan atau digambarkan dengan sejelas-jelasnya. Dengan pengertian lain teks deskripsi merupakan teks yang menjabarkan keadaan atau peristiwa, objek, tempat, yang disampaikan secara sangat jelas sehingga bacaan tersebut menjadi topik pembaca.

2. Ciri-ciri

  • Melukiskan atau menggambarkan, mengilustrasikan, membayangkan, objek atau gambar.
  • Menggambarkan suatu objek dengan alat indera seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, pengecapan, dan lain-lain.
  • Bertujuan pembaca atau pendengar seolah-olah merasakan atau mengalami secara langsung dan terbawa suasana saat membacanya.
  • Dalam teks deskripsi banyak ditemukan kata sifat, dan banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Terdapat kata kata benda seperti, ayah, gunung, kucing, dan sebagainya.
  • Terdapat kata keterangan yang bertujuan memberikan informasi tambahan seperti di pasar, di kantin, di rumah, dengan hati-hati, dengan lembut dan sebagainya.
  • Menggunakan bahasa khiasan atau perumpamaan atau menggunakan majas metafora.
  • Pemaparan dalam teks deskripsi menggunakan penjelasan sifat objek dengan ciri-ciri fisik contohnya seperti, bentuk objek, ukuran objek, warna objek dan kepribadian secara jelas.

2. Struktur

- Identifikasi

Pada teks deskripsi penulis biasanya menentukan objek atau unsur yang dicantuman dalam topiknya. Contohnya penulis menentukan identitas dari seorang tokoh dalam teksnya, benda, atau peristiwa yang terjadi.

- Klasifikasi

Dalam Teks deskripsi menentukan penyusunan kalimat terhadap objeknya. Hal ini supaya pembaca atau pendengar lebih memahami apa yang dibaca atau didengarnya.

- Deskripsi

Penulis menggambarkan bagian-bagian yang disampaikan dalam teks deskripsi, melalui alat indra seperti penglihatan, pendengaran, dan sebagainya.

3. Tujuan teks deskripsi

Menggambarkan objek dengan cara menjelaskan objek atau benda secara subjektif atau melukiskan kondisi, peristiwa dari sudut pandang penulis. Tujuan teks deskripsi menggambarkan/melukiskan secara jelas dan terperinci penggambaran secara konkret objek/suasana/perasaan agar pembaca seakan-akan mendengar, melihat, mengalami dengan apa yang dideskripsikan.

Post a Comment

0 Comments